PGSD

Metode Diskusi dalam Pembelajaran

Metode Diskusi dalam pembelajaran adalah memberikan altematif jawaban untuk membantu memecahkan berbagai problem kehidupan. Dengan catatan persoalan yang akan didiskusikan harus dikuasai secara mendalam.



a. Kelebihan Metode Diskusi
  1. Menyadarkan anak didik bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan dan bukan satu jalan (satu jawaban saja).
  2. Menyadarkan anak didik bahwa dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusan yang lebih baik.
  3. Membiasakan anak didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya sendiri dan membiasakan bersikap toleran.
b. Kekurangan Metode Diskusi
  1. Tidak dapat dipakai pada kelompok yang besar;
  2. Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas;
  3. Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara; dan
  4. Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal.

Related

Metode Pembelajaran 1575256171226702911

Post a Comment

emo-but-icon

Berlangganan Artikel Ilmu-PGSD

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kata Mutiara Guru

Barang Siapa Berani Mengajar....
Ia Tak Boleh Berhenti Belajar....

ilmudesain.com

Ilmu-PGSD

Ilmu-PGSD adalah Portal/Blog Pusat Informasi dan berbagi pengalaman tentang Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang penulis kumpulkan berdasarkan pengalaman, materi ajar, penelitian, eksplorasi informasi untuk kemajuan pendidikan khususnya pada jenjang sekolah dasar. Semoga dapat berbagi pengalaman dan materi ajar untuk teman-teman dan adik-adik angkatan generasi muda guru Indonesia yang sedang menempuh Perkuliahan PGSD dimana saja untuk diberikan kepada anak-anak didik generasi penerus bangsa. Salam PGSD.

News

Popular

Popular Posts

Blog Archive

Statistic

Total Pageviews

item