PGSD

Pengertian Modul dan Kerangka Isi Modul

Pengertian Modul dan Kerangka Isi Modul. Menurut Suharjono (1995), modul merupakan materi yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembaca diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut, dengan tujuan sebagai bahan pembelajaran mandiri siswa. Sementara itu menurut Rusell dalam Suharjono (1995), modul merupakan suatu paket pembelajaran berkaitan dengan unit pelajaran (subject matter) terkecil memuat sebuah konsep tunggal. Sebuah modul merupakan upaya untuk membelajarkan siswa secara individual dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa menguasai satu unit pelajaran sebelum pindah ke unit yang lainnya. 

Pengertian Modul dan Kerangka Isi Modul


Selanjutnya menurut Panduan Operasional Penulisan Modul, Universitas Terbuka, format modul adalah sistematika penyajian materi dan proses belajar mata kuliah yang isinya mencakup tinjauan mata kuliah, sajian materi masing-masing modul, daftar kata-kata sulit, dan daftar pustaka. Sajian materi modul mencakup Pendahuluan, Kegiatan Belajar (KB), Rampungan tes formatif setiap KB, dan Kunci jawaban tes formatif.

Supriyatno (2001: 10) mengemukakan manfaat/kelebihan modul antara lain:
  1. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang seragam pada kelas besar, namun landasan belajar secara individual lebih tinggi;  
  2. Adanya fleksibitas bagi sisa dan guru untuk pembelajaran unit kecil pelajaran yang dapat disusun dalam suatu format yang beraneka-ragam;  
  3. Menyiapkan kebebasan siswa yang maksimal dalam belajar secara independen;  
  4. Menyiapkan partisipasi aktif siswa;  
  5. Bila digunakan secara baik, membebaskan guru  mengajar materi yang sama secara berulang-ulang dalam suatu kelas; dan  
  6. Dapat dirancang untuk membangkitkan interaksi antarsiswa dalam belajar.

Kerangka Isi Modul secara garis besar dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Pendahuluan
  2. Deskripsi Singkat materi
  3. Relevansi
  4. Tujuan Pembelajaran
  5. Penyajian
  6. Judul kegiatan belajar
  7. Petunjuk belajar
  8. Uraian materi
  9. Latihan / Tugas
  10. Rangkuman
  11. Penutup
  12. Tes Formatif
  13. Kunci Jawaban
  14. Umpan balik dan Tindakan lanjut
 Demikianlah Pengertian Modul dan Kerangka Isi Modul, semoga dapat bermanfaat selalu. Salam Belajar, Salam Pembelajar dan Salam Ilmu PGSD !

Related

Materi Kuliah 6394700066569602063

Post a Comment

emo-but-icon

Berlangganan Artikel Ilmu-PGSD

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kata Mutiara Guru

Barang Siapa Berani Mengajar....
Ia Tak Boleh Berhenti Belajar....

ilmudesain.com

Ilmu-PGSD

Ilmu-PGSD adalah Portal/Blog Pusat Informasi dan berbagi pengalaman tentang Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang penulis kumpulkan berdasarkan pengalaman, materi ajar, penelitian, eksplorasi informasi untuk kemajuan pendidikan khususnya pada jenjang sekolah dasar. Semoga dapat berbagi pengalaman dan materi ajar untuk teman-teman dan adik-adik angkatan generasi muda guru Indonesia yang sedang menempuh Perkuliahan PGSD dimana saja untuk diberikan kepada anak-anak didik generasi penerus bangsa. Salam PGSD.

News

Popular

Popular Posts

Blog Archive

Statistic

Total Pageviews

item