PGSD

Model Penelitian Tindakan Kelas

Model Penelitian Tindakan Kelas itu apa saja? Ada beberapa model penelitian tindakan, seperti model yang diusulkan oleh Stephen Kemmis, John Elliot, dan Dave Ebbutt. Model-model tersebut dikembangkan dari pemikiran Kurt Lewin pada tahun 1946 (McNiff, 1992:19). Ia menggambarkan penelitian tindakan sebagai serangkaian langkah yang membentuk spiral. Setiap langkah memiliki empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Secara visual, tahap-tahap tersebut dapat disajikan pada gambar 1 (McNiff, 1992: 22).

Model Penelitian Tindakan Kelas


Contoh
  1. Perencanaan:  Bagaimana saya dapat membuat siswa speak up dalam pelajaran bahasa inggris tema speaking? Mungkin saya perlu memberikan penghargaan (reward) kepada siswa yang mau berbicara.
  2. Tindakan:  Saya memberikan penghargaan (yang berupa tambahan nilai) kepada setiap siswa yang mau berbicara.
  3. Pengamatan:  Bersamaan dengan itu,  saya mengamati apakah dengan penghargaan tersebut para siswa mau berbicara.
  4. Refleksi: Para siswa mulai mau berbicara. Namun, mereka tampak masih malu-malu kucing. Saya perlu merencanakan suatu tindakan agar siswa mau berbicara tanpa malu-malu lagi.
Tahap-tahap penelitian tersebut yang membentuk satu siklus, dapat dilanjutkan ke siklus berikutnya dengan rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi ulang berdasarkan hasil yang dicapai pada siklus sebelumnya.  Jumlah siklus dalam suatu penelitian tindakan tergantung pada apakah masalah (utama) yang dihadapi telah terpecahkan atau belum.

Model penelitian tindakan kelas yang lebih kompleks diberikan oleh John Elliot (McNiff, 1992: 30). Model tersebut terdiri atas tiga siklus. Siklus pertama diawali dengan pengidentifikasian masalah awal yang mendorong dilaksanakannya penelitian tindakan. Langkah selanjutnya adalah memperdalam masalah tersebut dengan mempertajam dan mencari penyebab timbulnya masalah itu. 

Atas dasar langkah tersebut disusunlah rencana umum pemecahan masalah yang meliputi tindakan tertentu. Langkah berikutnya adalah mengimplementasikan tindakan tersebut. Pada fase ini sekaligus dilakukan monitoring terhadap pelaksanaan tindakan dan dampak yang dihasilkan oleh tindakan tersebut. Langkah terakhir adalah melakukan refleksi untuk mengidentifikasi dan menjelaskan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan untuk melihat hasil akhir keseluruhan proses. Siklus pertama berakhir pada langkah ini.

Apabila masih ditemukan adanya masalah yang belum terpecahkan maka peneliti dapat melangkah ke siklus kedua, dengan membuat rencana tindakan ulang berdasarkan hasil refleksi  pada siklus  sebelumnya.  Dengan  demikian,  pada  siklus kedua ini terjadi revisi atau modifikasi rencana tindakan pertama, sesuai dengan keadaan di lapangan.  Langkah-langkah selanjutnya relatif sama dengan langkah-langkah yang telah dipaparkan  pada siklus pertama. Demikian seterusnya hingga masalah yang dihadapi dapat terpecahkan. Untuk itu barangkali diperlukan lebih dari tiga siklus; dan hal itu tidak menjadi masalah, karena jumlah siklus tidak ditentukan oleh hal lain kecuali terpecahkannya masalah. Pemilihan Model penelitian tindakan kelas yang tepat, efektif dan efisien serta sesuai sangat mempengaruhi kualitas dan hasil penelitian obyek pembelajaran yang akan dicapai.




Related

Penelitian Tindakan Kelas 7666679668789406672

Post a Comment

emo-but-icon

Berlangganan Artikel Ilmu-PGSD

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kata Mutiara Guru

Barang Siapa Berani Mengajar....
Ia Tak Boleh Berhenti Belajar....

ilmudesain.com

Ilmu-PGSD

Ilmu-PGSD adalah Portal/Blog Pusat Informasi dan berbagi pengalaman tentang Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang penulis kumpulkan berdasarkan pengalaman, materi ajar, penelitian, eksplorasi informasi untuk kemajuan pendidikan khususnya pada jenjang sekolah dasar. Semoga dapat berbagi pengalaman dan materi ajar untuk teman-teman dan adik-adik angkatan generasi muda guru Indonesia yang sedang menempuh Perkuliahan PGSD dimana saja untuk diberikan kepada anak-anak didik generasi penerus bangsa. Salam PGSD.

News

Popular

Popular Posts

Blog Archive

Statistic

Total Pageviews

item