Guru Profesional Merupakan Ujung Tombak Pelaksanaan Pendidikan
https://ilmu-pgsd.blogspot.com/2014/10/guru-profesional-merupakan-ujung-tombak.html
Sahabat Ilmu PGSD, Bersyukurlah bagi teman-teman yang diberi
kesempatan untuk menjadi guru. Guru profesional merupakan ujung tombak
pelaksanaan pendidikan karena gurulah yang secara langsung memimpin
kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, yang menjadi inti kegiatan
pendidikan. Itulah sebabnya guru dituntut memiliki kemampuan
profesional yang memadai sebagai bekal untuk melaksanakan tugasnya itu
(Whitehead, dalam McNiff, 1992).
Guru Profesional Ujung Tombak Pelaksanaan Pendidikan |
Guru yang profesional adalah guru yang mampu :
- merencanakan program belajar-mengajar,
- melaksanakan dan memimpin kegiatan belajar-mengajar,
- menilai kemajuan kegiatan belajar-mengajar,
- menafsirkan serta memanfaatkan hasil penilaian kemajuan belajar-mengajar dan informasi lainnya bagi penyempurnaan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar
Oleh karena itu, guru
professional adalah guru yang senantiasa melakukan refleksi atas apa
yang telah direncanakan dan dilakukannya serta mengambil tindakan yang
tepat berdasarkan hasil refleksi itu. Namun demikian kenyataan di
lapangan menunjukkan lain. Dalam kaitan ini, Cochran-Smith dan Lytle
(dalam Johnson, 1992: 212) mengatakan bahwa
What is missing from the knowledge base for teaching … are the voices of the teachers themselves, the questions teachers ask, the ways teachers use writing and intentional talk in their work lives, and the interpretive frames teachers use to understand and improve their own classroom practices.
Akhir-akhir
ini muncul kesadaran akan pentingnya guru melibatkan diri dalam
penelitian “praktis” di dalam setting tempat ia bekerja. Karena guru
begitu dekat dengan siswa dalam kegiatan belajar-mengajar sehari-hari,
maka penelitian dari perspektif mereka yang “unik” tersebut diharapkan
mampu memberikan sumbangan yang berarti bagi pengetahuan tentang
pembelajaran di dalam kelas (Johnson, 1992). Kegiatan semacam itu sering
disebut penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Penelitian Tindakan terdiri dari bagian-bagian yang secara
berturut-turut akan dibahas pada artikel terkait diantaranya pengertian
PTK, model PTK, prosedur PTK, sifat PTK, dan prinsip PTK bagi guru.
Semoga bermanfaat bagi teman-teman guru profesional sebagai ujung tombak
pelaksanaan pendidikan di sekolah dan masyarakat.